Jumat, 28 Mei 2010

Soto Bakar Batok Ala Jember


Nikmatnya Soto Bakar Batok Ala Jember

Jember - Masyarakat tidak asing mendengar jenis makanan soto, sajian berkuah yang berwarna kuning dengan berbagai bumbu tradisional rempah-rempah.
Hampir setiap daerah di Indonesia pada umumnya memiliki makanan berkuah ini seperti yang sudah dikenal luas oleh masyarakat yakni Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Banjar, Soto Makassar (Coto), Soto Sulung dan Soto Madura.
Di Kabupaten Jember, Jawa Timur, juga memiliki jenis hidangan soto yakni soto bakar batok, yang tidak kalah nikmatnya dengan cita rasa soto di berbagai daerah.
Bagi anda penggemar soto, anda dapat mencoba dan menikmati hidangan soto bakar batok khas Semarang ala Jember di kawasan Jalan KH Sidiq, Kelurahan Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember.

Di kedai soto tersebut, anda bisa menikmati soto bakar batok dengan beragam rasa sesuai dengan selera anda.
ada berbagai pilihan rasa yakni soto daging, soto ayam, dan soto ceker,
resep bumbu soto bakar batok berasal dari resep soto khas Semarang, namun disesuaikan dengan cita rasa masyarakat Jember.
Warna soto bakar batok, tidak berwarna kuning pekat seperti warna soto pada umumnya, warna soto ini terlihat bening sesuai dengan bumbu soto khas Semarang.
Untuk menggugah selera makan, penyajian soto bakar menggunakan batok (tempurung kelapa yang dikeringkan dan dibakar lebih dahulu) supaya rasa soto bakar terasa lebih alami dan nikmat.
Satu porsi soto daging bakar batok harganya Rp6.000,00, soto ayam bakar batok Rp4.500,00 dan soto ceker bakar bathok seharga Rp3.500,00 untuk satu porsi.

Makanan pelengkap soto bakar batok juga bervariasi antara lain sate baceman ayam,
sate kerang, sate telur puyuh bacem dan sate usus. Pembeli bisa memilih pelengkap soto bakar sesuai dengan selera masing-masing.
Bagi anda yang penasaran dengan rasa soto bakar batok khas Semarang ala Jember dapat mampir ke kedai tersebut pada pukul 10.00-21.00 WIB, setiap hari.
Musim hujan seperti ini memang terasa lebih nikmat untuk mencoba hidangan soto yang berkuah dengan bermacam variasi hidangan pelengkap seperti soto bakar batok.


Tidak ada komentar: