Kamis, 23 April 2009

UNAS ??? SANTAPPP !!


Oleh : Riza Adrian

Waduh! UNAS nih! What?? Masih belum siap??
Weits! Anak SMPN 3 Jember punya kamus gede yang isinya siap menyatakan kalu lulus dengan nila 10,00. Um.,.. sebenarnya kalian siap atau belum sih?? Belum siap secara mental?? Kalau kita tidak segera bersiap-siap dari sekarang kita tidak akan bias mengejar ketinggalan dengan SKS (Sistem Kebut Semalam,red). Nah, kalau gitu mungkin kita bisa Bantu kamu dengan tips-tips yang dijamin manjur tenan. Oce?!

1. Buku catatan, bukan pajangan!


Perlu kalian ketahui, kalau setiap guru memberi catatan kepada kita, itu adalah bekal kita nanti buat menghadapi Ujian ataupun Ulangan. Pastikan juga kalau buku catatan kalian tu lengkap. Kalau belum lengkap, kalian bisa bikin rangkuman sendiri atau pinjem catatan si juara kelas. Kalau sudaha dapat catatan jangan lupa dibaca, sebentar saja sudah banyak ilmu yang kita dapat

2. Say No to SKS!


Ada yang udah tau SKS itu apa?! SKS itu kependekan dari ‘Sistem Kebut Semalam’ yang biasanya bikin kita tambah pusing. Secara, pelajaran dalam beberapa bulan ini kita lahap dalam waktu semalam. Mustahil! Lebih baik persiapkan dari jauh-jauh hari. Gampang kan??

3. Bikin belajarmu, lebih asyik!


Caranya gampang aja kok! Kita bisa bentuk rangkaian kata itu menjadi suatu singkatan. Singakatannya nggak usah panjang – panjang. Namanya juga singkatan, kalau panjang ya namanya panjangan. En pastikan singkatan itu hanya kamu yang tahu, plus gampang diingat.

4. Jauhi godaan setan…


Biasanya niy sering terjadi sama kita. Pasti alasannya ‘nggak ada yang ngeliat’, atau ‘cuma satu’, ‘loe kan best friend gue’, ‘Cuma satu soal terakhir yang aku nggak bisa’, dll. Nggak cuma yang bandel aja sering nyontek, si juara kelas juga pastinya pernah kan??, sebenernya sistem KBK (Kawan Bantu Kawan), kita nyontek, maupun temen kita minta contekan itu jangan dituruti. Sesungguhnya, semua hal itu akan menyesatkan dirimu. Sekalian juga ngerugikan kita.

5. Yang lalu biarlah berlalu..


Pada umunya kalau abis ulangan kita saling tukeran jawaban kan?! Biasanya tukeran jawabannya sama si juara kelas kan?! Biar bisa mereka-reka, mungkin aja kita salah 10. Yap, hal ini tu sebenaranya salah besar. Udah, biarin aja temen-temen kamu gitu terus, lagian ‘Life Must Go On’. Ngapain kita mundur kebelakang, di depan kita kan akan hal baru yang harus dihadapi?!

6. Kesiapan mental.

Kadang ada beberapa murid yang denger kata uljian aja udah teriak histeri, atau sehari sebelumnya udah masuk rumah sakit. Itu tandanya mereka itu parno, or disebut juga phobia. Gini ini, kamu harus belajar ‘fight tour phobia’. En jangan lupa! hari-harimu menjelang ulangan, isilah dengan kedamaian, dan kebahagiaan. Supaya kalau nanti uadah disodorin kertas ulangan pikiranmu jadi plong!

7. Kesiapan fisik.

Wah, kudu ekstra diperhatiin. Yang biasanya makan 1 kali sehari, diubah kebiasaanya jadi makan 3 kali sehari. Lagian sekarang juga musim ujan. Ati-ati jangan sering ujan-ujanan. Kalau jajan jangan sembarangan mending makan di rumah dengan masakan ‘made in Mama’. Dijamin lebih terjamin.

Gimana?! Udah dicerna dengan baik kan?! Selamat mencoba ^_^

Tidak ada komentar: